Rabu, 20 November 2013

Resep dan Sejarah Pizza


Kalian tau pizza kan? itu loh Makanan yang sangat populer di Indonesia yang bentuknya seperti roti bundar , pipih, yang biasanya di oven, dan dilumuri saus tomat , keju dan berbagai tambahan lainnya. Makanan siap saji ini biasa dijual dan dinikmati di luar rumah. Penjualnya berkeliling di jalan-jalan, sambil berteriak menjajakan dagangan mereka yang lezat. Supaya tetap hangat, pizza disimpan di dalam wadah scudo, sebuah wadah tembaga yang ditaruh di kepala si penjual. Pizza sangat digemari orang Indonesia karena rasanya yang ringan, kandungan gizinya yang lumayan komplet, serta bisa mengenyangkan perut.
         
Nah, kalian tau gak sejarahnya Pizza ini? Jadi pizza itu sebenarnya makanan rakyat miskin Napoli, Italia selatan pada tahun 1720. Meskipun makanan rakyat miskin tapi tetap saja pizza itu enak dan ada nilai gizinya. Kata pizza sendiri diambil dari bahasa Italia kuno yang memiliki arti “dicubit” ;)  karena memang cara makannya seperti itu.
Konon katanya Raja Ferdinand I (1751-1825) pernah menyamar sebagai rakyat jelata dan secara diam-diam mengunjungi sebuah lingkungan kumuh di Napoli hanya untuk melahap makanan yang dilarang oleh ratu di istana adalah pizza. 
Raja Ferdinand I akhirnya memberi tahu orang istana tentang kegemarannya dengan pizza. Tidak lama kemudian,karena pizza yang dijual di jalanan jauh lebih lezat, orang-orang kaya dari golongan elite dan kerajaan mulai menyerbu kedai pizza. Dan sejak itu banyak penjual dan kedai pizza yang bermunculan, karena mulai banyak yang meminatinya. Dari makanan orang miskin jadilah makanan kaum elit sekarang. :D
Dinegara asalnya, pizza di buat melemparkan adonan pizza ke udara dan memutarnya. Ini bukan pertunjukan akrobat, tapi gaya sentrifugal dari perputaran itu ternyata dapat melembutkan adonan serta membentuknya menjadi sebuah piringan yang tepinya sedikit lebih tinggi. Bentuk seperti itu menjadi lapisan dasar yang sempurna untuk sebuah pizza.
Setelah membaca sejarah Pizza, apakah kalian tertarik untuk membuatnya sendiri? Jika iya, kiranya saya akan membantu anda . resep membuat pizza sendiri Simak baik – baik ya! ;)
Bahan-bahan:
500 gr tepung terigu
4 sdm minyak goreng
10 gr ragi instan
1 sdt gula pasir
1 sdt garam
400 ml air
Keju mozzarella
Bahan Lapisan:
4 butir telur, kocok lepas
200 gr tepung panir
Minyak goreng
Bahan untuk Saus Pizza:
2 sdm pasta tomat
1 siung bawang bombay
6 siung bawang putih
100 ml minyak sayur
16 buah tomat merah
1 sdt garam
1 sdt merica bubuk
Cara Membuat Saus Pizza:
Cincang bawang bombay, bawang putih dan tomat merah.
Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga layu dan mengeluarkan bau yang harum.
Tambahkan pasta tomat ke dalam tumisan, lalu aduk hingga semua tercampur rata.
Tambahkan garam, merica dan tomat merah ke dalam tumisan lalu aduk kembali hingga rata.
Masak semua bahan hingga mengental dan matang. 
Cara Membuat Pizza:
  1. Campurkan ragi instan, tepung terigu, garam dan gula pasir. Aduk hingga tercampur rata.
  2. Tuang minyak ke dalam adonan dan aduk kembali hingga rata.
  3. Tambahkan air secara perlahan dan uleni adonan hingga menjadi kalis.
  4. Bentuk adonan menjadi bulat seperti bola dan diamkan selama kurang lebih 15-20 menit.
  5. Pipihkan adonan hingga memiliki ketebalan 1/2 cm dan cetak hingga membentuk lingkaran.
  6. Tusuk sisi sedang atau pusat adonan agar tidak menggelembung saat dipanggang.
  7. Masukkan cetakan adonan ke dalam oven dengan suhu 180 derajat celcius, tunggu hingga adonan pizza berubah warna menjadi kecoklatan selama kurang lebih 15-20 menit.
  8. Setelah matang, gulingkan pizza di atas tepung panis hingga semua isi terlapisi tepung panis, lalu goreng pizza hingga matang.
  9. Tuang saus pizza diatas permukaan dan dihias dengan keju mozzarella dan beberapa topping sesuai selera anda.
  10. Pizza pun siap disajikan. Selamat mencoba :D it’s so delicious                                       sumber: http://idmaya.com/3971/resep-sejarah-pizza/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar